Politisi PDI P Aria Bima Yakin 30 Anak Muda Ikut Penjaringan Pilkada Solo

 " Saya yakin, kandidat anak muda di Kota Solo yang mendaftarkan banyak, " -Anggota DPR dari Fraksi PDIP Aria Bima.

SOLO - Anggota DPR dari Fraksi PDIP Aria Bima yakin banyak anak muda mendaftar ikut kontestasi Pilkada 2024 di Kota Solo. Politikus senior ini memperkirakan 20 hingga 30 kandidat ketika DPC PDI P Kota Solo membuka pendaftaran.

" Saya yakin, kandidat anak muda di Kota Solo yang mendaftarkan banyak, " ujarnya kepada awak media, Senin (08/04/2024).

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Aria Bima. (Foto: Agung Huma)

Lebih lanjut, penjaringan PDI P Kota sudah diatur oleh DPP bila peroleh kursi kurang dari 50 persen. Lain halnya, mendapat 50 persen kursi di DPRD maka bisa mengusulkan calon dari internal PDI P. Seperti halnya untuk Kota Solo hanya memperoleh 20 kursi atau kurang 50 persen.

" Setiap kontestan yang mendaftarkan, akan menyampaikan visi dan misi didepan pengurus PAC (Pimpinan Anak Cabang) , " ujarnya.

Ada lima PAC di Kota Solo, dimana calon walikota dan calon walikota akan menyampaikannya visi misi. Selanjutnya akan diundang ke DPC PDI P untuk dilakukan musyawarah mufakat untuk lolos dari penjaringan. Yang kemudian, akan dibawa ke DPP untuk penyaringan dan mendapatkan rekomendasi.

" Penyaringan ini nanti akan muncul rekomendasi walikota dan calon wakil walikota, masih normatif, " ujarnya.

Hanya saja ia melihat banyak anak muda ingin kontestasi maka diciptakan suasana happy dan fun. Dan menjadikan pendidikan politik buat masyarakat Kota Solo. Terkait hal partainya, ia menyampaikan banyak muda untuk kontestasi seperti ada Teguh Prakosa dan Her Suprabu.

" Nama ini sudah mulai menonjol dan beberapa anak muda mulai ikut kontestasi, nya, " terangnya.

Baca juga: PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Lebih lanjut, penjaringan ini ada tingkat DPC, DPD, dan DPP sehingga semua dibuka. Sehingga penjaringan DPC ini bukan satu-satunya. Sedangkan ini seperti ketika penjaringan terhadap Gibran Rakabuming Raka ketika mencalonkan diri.  Perlu diketahui penjaringan ini sesuai Instruksi yang tertera dalam surat nomer 8027/IN/DPP/III/2024.

" Dalam proses penyaringan ada tim survey, calon kandidat, " terang Paulus Haryoto, Ketua Tim Penjaringan. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024