Diskusi Kebangsaan Dan Inaugurasi BEM UNS, Aspirasi Hingga Potensi Anak Muda Kelola Kekayaan Bangsa

" Sehingga, kekayaan Bangsa Indonesia ini bisa dinikmati secara merata oleh masyarakat Indonesia,” - Ketua Komisi Kejaksaan RI, Prof. Dr. Pujiyono SH, MH.

SOLO – Masih banyak potensi dimiliki Bangsa Indonesia dikelola dengan baik dan benar. Terutama oleh generasi muda dengan butuh berpikiran maju sehingga tidak merugikan negara. Hal ini dikatakan Ketua Komisi Kejaksaan RI, Prof. Dr. Pujiyono SH, MH.

" Sehingga, kekayaan Bangsa Indonesia ini bisa dinikmati secara merata oleh masyarakat Indonesia,” pesannya. 

Kegiatan Inaugurasi dan Diskusi yang mengusung tema Rekonsiliasi Pemuda dan Mahasiswa Pasca Pesta Demokrasi Pemilu 2024, Selasa (02/04/2024) petang. (Foto: Agung Huma)

Ia mengajak mahasiswa yang hadir acara diskusi dan inaugurasi ini mencermati dugaan korupsi. Dicontohkannya, perkara tambang timah dengan kerugian negara mencapai Rp271 Triliun. Bahkan menyeret nama suami artis cantik Sandra Dewi, Harvey Moeis. 

" Bisa dikatakan, menguasai 80 persen itu, 20 persen itu seluruhnya diperebutkan oleh masyarakat Bangsa Indonesia,”

Perlu diketahui, dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Selanjutnya generasi muda terutama mahasiswa disampaikan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi. Ketika menyampaikan aspirasi supaya mahasiswa menggunakan cara-cara yang santun.

“Jangan ada lagi bentrokan antara aparat dan mahasiswa. Jika melihat itu, saya sangat sedih, " ujarnya pada acara Inaugurasi BEM UNS dan Diskusi Kebangsaan di UNS Inn pada Selasa (2/4/2024) petang. 

Seakan-akan, kata Kapolda, tengah dibenturkan dengan kepentingan segelintir pihak. Lebih lanjut, pihaknya berharap tidak lagi menutup jalan, maupun membakar ban. 

" Justru menggerus simpati masyarakat kalau caranya seperti itu,” kata 

Didepan mahasiswa, ia mengungkapkan beberapa mahasiswa disela-sela aksinya selalu diajak dialog. Termasuk halnya mengajak juga dari BEM Universitas Jendral Sudirman.(UNSUD) yang hadir menyampaikan aspirasi atas perkara hukum.

" Terkait di Purwokerto sudah ditangani, jadi pelanggaran oknum sudah disidang. Kita akan akomodir dari adik -adik mahasiswa, kalau perlu kita buka forum silahkan datang ke Polda, " terangnya.

BACA JUGA: 📱Balasan Aksi Damai Mahasiswa Bertemu Gibran, Mahasiswa Gabungan Kota Solo Bakar Ban Dan Sindir Gibran

Salah satu mahasiswa UNSUD, Aji mengapresiasi respon kepolisian atas penanganan kepolisian. Turut juga pembicara dari Koordinator Pusat BEM SI 2023, Hilmi Ash Shidiqi. Sorotannya terhadap potensi anak muda dalam berkontribusi dalam Pemilu 2024. Disitu ia mempertanyakan apakah anak muda ini berperan sebagai subyek atau obyek. 

“Peran serta pemuda dalam pemilu tahun ini sangat luar biasa," ungkapnya.

Yang disampaikan oleh Hilmi ini menyesuaikan kegiatan yang mengusung tema Rekonsiliasi Pemuda dan Mahasiswa Pasca Pesta Demokrasi Pemilu 2024.(Agung Huma)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024