Pengambilan Sampel Makanan Di Terminal Solo Jelang Mudik Nataru

" Pemeriksaan ini meliputi higienitas makanan yang di jual, "- Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi Kota Solo, Bandiyono.


SOLO - Pengambilan sample makanan dilakukan terhadap sejumlah kios yang berada di Terminal Tirtonadi Solo. Hal ini mencegah penyebaran penyakit terutama saat musim mudik Nataru 2023-2024. Hal ini dikatakan Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi Kota Solo, Bandiyono.

" Pemeriksaan ini meliputi higienitas makanan yang di jual, " terangnya.

Pengecekan makan di Terminal Tirtonadi solo, Selasa (19/12/2023) di kios. (Istimewa)

Ia menyebut ada lima kios diambil sempel makanan siap saji. Dan ini berdasarkan pada prilaku penjual, lokasi berjualan, proses pemasakan makanan.

" Hingga bahan yang dimasukkan,” ujarnya kepada awak media, Selasa (19/12/2023).

Selanjutnya pihak terminal telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Solo. Dalam hal ini secara berkala menyelenggarakan monitoring. Berikut pengawasan terhadap kios-kios yang ada di Terminal Tirtonadi.

" Tindakan pada makanan yang tampak luar, misal dengan melebihi masa kadaluwarsa, kita minta untuk diturunkan dari etalase, " jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, pengambilan sampel bersama dengan Substansi Analisis Dampak Lingkungan BBTKLPP. Salah satu anggotanya, Anjas Wulansari mengatakan pihaknya melakukan surveilans faktor resiko penyakit yang bersumber dari makanan dan minuman. Hal ini guna mencegah penyebaran penyakit terutama saat musim mudik Nataru 2023-2024.

" Dilaksanakan di lima titik tempat secara serentak, " tambahnya.

Baca juga : Jelang Natal, Bus Dan Truk Mudik Gratis Tujuan Solo

Kegiatan ini dilaksanakan ada di Gunung Kidul, Bantul, Sleman, Solo, dan Kulon Progo. Dari hasil di terminal ini ada beberapa makanan kadaluwarsa yang ditemukan. 

Kalau untuk hasilnya nanti akan berupa rekomendasi maka akan ditujukan ke Dinas Kesehatan Kota Solo.

" Dinas inu sebagai pihak yang memberikan pembinaan terhadap kios,” jelasnya. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024