Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 Di Kota Solo Meningkat

" Pemilih meningkat di Pemilihan Presiden dan wakil, " - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Solo, Bambang Christanto.

SOLO - Partisipasi pemilih di Kota Solo meningkat luar biasa pada pemilu 2024 menjadi 82 persen. Prosentase ini meningkat dibandingkan pemilu pada Tahun 2019 sebelumnya. Hal ini dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Solo, Bambang Christanto.

" Pada pemilu lalu, angka partisipasi pemilih 77, 5 persen, " terangnya saat dikonfirmasi, Jumat (15/04/2023).

Grafis pemilih Pemilu 2024. (Sumber KPU Kota Solo)

Lebih lanjut, angka ini menjadi patokan untuk tahun 2024 tapi justru meningkat. Bahkan jumlah pemilih ini meningkat di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Berikutnya DPD, Pemilihan Calon Legislatif Tingkat Pusat, Propinsi Jawa Tengah dan Daerah Kota Solo.

" Pemilih meningkat di Pemilihan Presiden dan wakil. Namun untuk lainnya, merata peningkatnya jumlah pemilih ini, " tambahnya saat ditemui di Kantor KPU Kota Solo.

BACA JUGA : 📱Partisipasi Pemilih Tambahan Tinggi Di Solo, Sekda Katakan Pemilih 85 Persen

Salah satu faktor meningkatnya ini dari pemilih baru mahasiswa yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Untuk hal ini, sejak awal pada bulan november 2023 mengundang potensi pemilih dari pihak pondok pesantren, rumah sakit, kampus hingga ormas. Jumlah pemilih DPTb menyebutkan ini juga meningkat dibandingkan sebelumnya dari 3000 an menjadi 5000 an.

" Ini semua menggunakan hak pilihannya, " ujarnya.

Untuk pemilih ini nanti berkaitan dengan Pilkada Kota Solo, KPU Solo masih menunggu mekanisme dari pusat. Karena masih ada tahapan untuk Pilkada setelah nanti ada hasil penetapan resmi terkait rekapitulasi pemilu ini. ( Agung Huma)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024