Tradisi Berbagi Bubur Banjar Samin Sebanyak 1200 Porsi Sehari Selama Ramadhan

 " Sebulan penuh memasak bubur ini. Dan dibagikan kepada masyarakat, " Ketua Takmir Masjid Darussalam H. M. Rosyidi Muchdor 


SOLO - Seribu porsi bubur khas Banjar Samin untuk berbuka puasa dibagikan kepada masyarakat oleh Takmir Masjid Darusalam, Serengan, Kota Solo, Selasa (12/04/2024) Ini sebagai tradisi setiap puasa bulan Ramadhan di masjid tersebut sejak 1985. Hal ini disampaikan Ketua Takmir Masjid Darussalam H. M. Rosyidi Muchdor sekaligus pemimpin doa. 

" Sebulan penuh memasak bubur ini. Dan dibagikan kepada masyarakat, " terangnya, Selasa (12/03/2024).

Seribu porsi bubur khas Banjar Samin untuk berbuka puasa dibagikan kepada masyarakat oleh Takmir Masjid Darusalam, Serengan, Kota Solo, Selasa (12/04/2024) siang. (Foto : Agung Huma)

Sebelum dibagikan telah dilakukan meracik bumbu dan sayuran. Berikut memasak bubur diatas panci besar dengan diaduk. Prosesi memasak ini dilakukan usai shalat duhur hingga dibagikan jelang berbuka.

" Selain untuk berbuka, ketika bulan Islam Nifsu Syakban, Asy Syuro, " tambahnya kepada awak media.

Setiap hari, kata Rosyidi, sebanyak 1200 porsi dibuat oleh para takmir masjid. Sedangkan dibagi kepada masyarakat peminat sebanyak 1000 porsi dan 200 porsi untuk takmir. Seberat 1,5 ton beras telah disiapkan untuk tradisi rutin menu berbuka puasa ini atau 45 Kg untuk tiap harinya.

" Alhamdulillah, banyak kalangan mendukung kegiatan ini, " ujarnya.

BACA JUGA: 📱Foto Tradisi Membagi Bubur Samin Banjar Dari Para Perantau Yang Dua Tahun Ditiadakan Karena Pandemi Covid 19

Lantas, ia menyebutkan ada dari Singapura, pemerintah hingga alumni sekolah Darussalam. Sebelum dibagikan digelar doa terlebih dahulu supaya membawa berkah. Pada kesempatan itu antrian panjang di halaman Masjid Darussalam, Serangan, Kota Solo. Beberapa warga Margono dan Tuti warga setempat sejak dulu ikut antri dan menilai enak dengan ramuan rempah-rempah. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024