Partisipasi Pemilih Tambahan Tinggi Di Solo, Sekda Katakan Pemilih 85 Persen

" Partisipasi luar biasa, mereka ini rata-rata para mahasiswa dari luar jawa memilih di Kota Solo, " - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Bambang Christianto.


SOLO - Pelaksanaan pemungutan suara dinilai partisipasi pemilih tambahan tinggi. Sebanyak 5.378 orang dalam Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb) dilayani. Hal diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Bambang Christianto.

" Partisipasi luar biasa, mereka ini rata-rata para mahasiswa dari luar jawa memilih di Kota Solo, " ujarnya.

Sidang pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo,Sabtu (02/03/2024) sore. (Foto : Agung Huma)

Sebelum itu pihaknya telah menyosialisasikan terkait regulasi pelayanan pemilih pindah. Waktu itu pada Bulan November lalu. Meskipun begitu ada yang ingin menggunakan hak pilih ketika hari pencoblosan.

" Karena tidak memenuhi syarat regulasi, maka tidak bisa dilayani, " ujarnya.

Bambang juga menyampaikan tidak digunakannya hak suara oleh 19 warga binaan rutan Kota Solo. Katanya, warna binaan tidak memenuhi syarat pemilih yang pindah. Warga binaan ini, menggunakan hak suara di TPS Khusus Rutan Kota Solo.

" Ada 180 pemilih di TPS Khusus rutan, " jelasnya saat sambutan sidang pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo.

Baca jugaKPU Solo Mulai Rekapitulasi, Ada Saksi Tidak Tanda Tangan

Seiring tahapan proses perhitungan di TPS telah selesai hingga PPK. Namun diketahui ada 19 petugas KPPS mengalami sakit pasca tahapan perhitungan suara. Berbagai macam kondisi sakit diantaranya kecelakaan hingga sakit badan sehingga ada yang rawat jalan maupun inap. 

" Dan ini menjadi perhatian KPU. Semua sudah tercover BPJS. Waktu dekat KPU memberikan santunan, " ujarnya.

Disampaikan juga minta maaf kepada petugas KPPS karena kesulitan penggunakan aplikaso sirekap. Meskipun sulit dan menjadi beban psikologis tapi tetap dijalani. Selanjutnya pada kesempatan itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Martono menyebut partisipasi pemilih tinggi.

" Tadi dijelaskan, 85 persen pemilih. Ini cukup tinggi di Kota Solo, " ujarnya.

Dengan suksesnya penyelenggarakan pemilu, ia berharap disiapkan kembali Pilkada. (Agung Huma)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024