Sidak Satops Patnal Jateng Di Rutan Kota Solo, Geledah Kamar Hunian Hingga Cek Urine

" Dalam penggeledahan ini tidak ditemukan barang-barang terlarang, " - Kepala Rumah Tahanan Kelas 1 Kota Solo, Urip Dharma Yoga.

SOLO - Inspeksi mendadak dilakulan oleh Satuan Operasional Kepatuhan Internal Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Satops Kanwil Jateng). Untuk mengawalinya dilakukan penggeledahan area kamar hunian Blok D, Rabu (06/03/2024) pagi. Hal ini dikatakan Kepala Rumah Tahanan Kelas 1 Kota Solo, Urip Dharma Yoga.

" Dalam penggeledahan ini tidak ditemukan barang-barang terlarang, " jelasnya.

Inspeksi mendadak dilakulan oleh Satuan Operasional Kepatuhan Internal Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rabu (06/03/2024) pagi. (Istimewa)

Sedangkan barang dimaksud, Urip kembali mengatakan seperti HP, sajam atau narkotika. Namun demikian, ia kepada warga binaan mewanti-wanti supaya taat terhadap aturan. Pastinya, berlaku di rutan sekaligus tidak melakukan pelanggaran. " Yakni pelanggaran tata tertib, " ujarnya saat dikonfirmasi.

Penggeledahan dilaksanakan dengan saksama oleh tim Satops Patnal Kanwil Jateng. Sedangkan ini dari area depan kamar hunian, laci-laci, kamar mandi. Termasuk penggeledahan badan Warga Binaan Pemasyarakatan. 

" Termasuk mendata uang yang dibawa oleh warga binaan, " ujarnya.

Barang bawaan dimasukkan ke register D atau barang bawaan narapidana. 

Baca juga : Remisi Seratusan Warga Binaan Rutan Solo, 10 Orang Bebas Saat HUT RI 78

Sedangkan ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-170.PK.01.01.02 Tahun 2015. Nomer ini tentang Standar Registrasi dan Klasifikasi Narapidana dan Tahanan. 

" Disusul pemeriksan urin oleh petugas kesehatan rutan, " tambah Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan(KPR) Kota Solo, Hendra Prastya.

Berikut juga koordinator kegiatan Satops Patnal,Ina Purnaningati memberikan arahan kepada warga binaan. Terkait pelaksanaan penggeledahan di kamar-kamar mereka. Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh koordinator Tim dan kepala rutan. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024