Program Angkut Motor Gratis Lebaran Jalur Kereta Api , Pendaftaran Hingga 18 April 2024

 " Motor ini akan diangkut menggunakan kereta api secara gratis, "- Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

SOLO - Program angkutan motor gratis (motis) kembali digelar dengan pendaftaran hingga 18 April. Ini yang dilakukan oleh pihak Daop 6 Yogyakarta untuk meneruskan kembali Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Hal ini diungkapkan Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro. 

" Motor ini akan diangkut menggunakan kereta api secara gratis, " terangnya dalam keterangan tertulisnya.

Salah satu suasana pendaftaran Program angkutan motor gratis (motis) yang kembali digelar Tahun 2024. (Istimewa)

Ini sebagai program tahunan pemerintah melalui kementerian perhubungan untuk masyarakat yang mudik. Dengan begitu  jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan. Pastinya, tingkat keselamatan meningkat.

" Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret s.d 18 April 2024, " terangnya.

Selanjutnya, pendaftaran menggunakan laman mudikgratis.dephub.go.id. Untuk syaratnya bagi pendaftar yakni KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK, Besaran Motor <200 CC. Setelah mendaftar melalui laman maka dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

" Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif, " ujarnya.

Baca juga : KAI Daop 6 Yogyakarta Tambahkan Kereta dan Prediksikan Peningkatan Penumpang Puncak Arus Mudik

Perlu diketahui Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024. Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu sampai dengan Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya. Untuk info lebih lanjut terkait Motis, bisa akses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

" KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis, " jelasnya.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation). Dan akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Lintas Utara (PP) dari Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang

Tawang. Berikutnya untuk Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo. Untuk lintas berikutnya, Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024