Walikota Solo Gibran Beberkan Kunjungan Ke Inggris, Sebut Buka Peluang Kerjama Teknologi

" Perusahaan teknologi yang saya kunjungi yang punya orang Indonesia, bahan dari Indonesia semua, kami mampu,” - Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka 


SOLO – Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka membeberkan kunjungannya di Inggris sepekan lalu. Ia membuka peluang kerja sama dengan perusahaan teknologi milik Fauzan Adziman, seorang diaspora technopreneur Indonesia di Oxford, Inggris. 

"Di sana ada perusahaan yang punya orang Indonesia, anak muda, dr Fauzan, pegawainya orang sana semua, " ujarnya, Rabu (13/04/2024).

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Perusahaan itu adalah Alloyed Ltd berlokasi di Oxford Pioneer Park. Dan merupakan spinout berbasis riset dari Universitas Oxford yang didirikan pada 2017. Pada kesempatan itu, ia menghadiri undangan Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya.

" Perusahaan teknologi yang saya kunjungi yang punya orang Indonesia, bahan dari Indonesia semua, kami mampu,” papar dia.

Perusahaan yang dikunjungi dilihatnya ada komponen Formula 1. Berikut macem-macem rumah sakit, contoh hilirisasi. Selama ini belum ada sentuhan Indonesia maka ia ingin intervensi.

" Sesuai cita-cita kami untuk hilirisasi, komponen kami punya semua, " tandasnya.

Peluang kerja sama atau investasi dengan Pemkot Solo, Gibran mengatakan untuk Indonesia dan Kota Solo. Baginya, Indonesia punya potensi besar dalam menggarap sumber daya, termasuk rare mineral.

Baca juga : PLTSa Putri Cempo Solo Diresmikan, Gunungan Sampah Siap Pasok Listrik ke PLN

 Bahkan ia melihat peluang besar bagi Indonesia untuk optimalkan hilirisasi mineral kritis hingga menghasilkan produk bernilai tinggi. 

"Ke depannya, hilirisasi di Indonesia harus bisa sampai ke ujung, end-to-end,” ujar Gibran. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024