Penggunaan VAR Diuji Coba Kompetensi Final Elite Pro Academy U-20 Di Stadion Manahan

" Timeline-nya sejak bulan juni 2023 hingga Februari 2024 tapi perjalanan dinamika, harus ada persiapan lebih baik, " - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Asep Saputra.

SOLO, - Penggunaaan teknologi Video Assistant Refree (VAR) dalam tahapan ujicoba. Sedangkan ujicoba ini pada Final Elite Pro Academy U-20 antara Persita Tangerang U-20 kontra Persis Solo U-20, Kamis (07/03/2024)di Stadion Manahan Solo. Hal ini dikatakan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Asep Saputra.

" Timeline-nya sejak bulan juni 2023 hingga Februari 2024 tapi perjalanan dinamika, harus ada persiapan lebih baik, " terangnya.

Uji coba penggunaan Video Assistant Refree (VAR) di Stadion Manahan Solo. (Foto; Agung Huma)

Selanjutnya pilihannya pada final ini terlebih dahulu sebelum digunakan di liga-liga mendatang. Pilihan uji coba ini bukan di liga 1 dan 2 , ia beralasan dua kompetisi masih berlaku dengan sistem yang ada. Dengan menggantinya sistem VAR ditengah perjalan maka akan merubah semua komitmen pertandingan disepakati.

" Liga satu dan liga dua kompetisi profesional. Tentunya, kalau diterapkan maka merubah semua, " jelasnya.

Hal ini berbeda diterapkan pada kompetisi youth, atau muda karena pembinaan. Meskipun pesertanya Liga 1 tapi melihat intensitas tinggi, lanjut dia sangat krusial. Dengan begitu pihaknya bisa melihat sejauh mana hasil persiapan dan pelaksanaan sistem ini.

" Ini masih fase assisment FIFA, kondisinya kita akan melihat, apa yang terjadi trial error, " tandasnya.

BACA JUGA 📱: Sepi Penonton Evaluasi FIFA, Penutupan Final Piala Dunia U-17 Di Solo Sederhana

Persiapan tidak hanya alat tapi wasit dan stadionnya, dimana Stadion Manahan Solo ini memiliki ruang VAR ketika Piala Dunia U-17. Namun bila ada stadion yang tidak memenuhi standart pengguna VAR maka digunakan truk mobil yang disiapkan 12 unit. Menurutnya, pihaknya punya tim untuk project LIB ini yang punya pengalaman dalam piala dunia kemarin.

" Kita punya 3 atau 4 person pengalaman saat piala dunia, sehingga segi teknikal, operasional, itu jadi modal penerapan, " ujarnya.

Pada kesempatan pertandingan Kesebelasan muda terpantau penggunaan VAR. Bahkan belum ada pelanggaran yang harus disaksikan bersama dalam penggunaan VAR. (Agung Huma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024