Jumenengan Mangkunegara X Surakarta, Gusti Bhre Beri Gelar Para Seniman

" Kalau semakin banyak seniman yang berkolaborasi , kita percaya untuk nguri-uri (melestarikan) kebudayaan semakin kuat," - Penguasa Kadipaten Pura Mangkunegaran Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X

SOLO - Para tokoh politik hingga seniman mendapat gelar kehormatan atau kekancingan, Senin (29/02/2024). Dalam hal ini dari Penguasa Kadipaten Pura Mangkunegaran Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X.  Kata penguasa ini, gelar ini karena sering melakukan kolaborasi dengan pihaknya selama ini.

"  Karya dari Mas Eko di Mangkunegaran, ada juga sempat ada misi budaya dengan mas Eko di Perancis," jelas Gusti Bhre.

Bhre


Mereka yang mendapat seperti Endah Laras dan juga Peni Candra Rini. Kedua telah membuat karya terkait Pura Mangkunegaran. Woro yang dilihatnya muda masih semangat dan energik.

" Kalau semakin banyak seniman yang berkolaborasi , kita percaya untuk nguri-uri (melestarikan) kebudayaan  semakin kuat," jelasnya lagi.

Disinggung tidak adanya kirab di acara tersebut, Gusti Bhre menyatakan fokus internal. Kesempatan itu dihadiri sejunlah tokoh, termasuk Wali Kota Solo yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka. Disela sela acara Gibran mengatakan alasan datang terlambat karena pesawat baru landing.

" Saya mohon maaf pesawatnya baru landing tapi masih mengejar, " ujarnya.

Namun demikian ia mengapresiasi acara budaya itu. Bahkan dinilai lancar dan luar biasa sekali didatangi banyak tokoh yang luar biasa juga. Begitu hal sama dikatakan Ketua DPD Partai Golkar Surakarta Sekar Tandjung yang menilai luar biasa. 

Baca Juga : Jumenengan Pertama Mangkunegaran X Disertai Kirab Budaya

Acara ini dihadiri ada Didiet Prabowo yang juga putra Capres Prabowo Subianto. Putri dari Ketua DPR RI yang juga Caleg PDIP Pinka Hapsari, serta aktor Nicholas Saputra. Ada juga Raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) XIII, bersama permaisuri dan Putra Mahkota KGPH Purbaya. Bahkan Permaisuri Paku Alam X Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X bersama Putra Mahkota BPH Kusumo Bimantoro. Putri dan mantu Sultan Yogyakarta, GKR Hayu dan KPH Notonegoro. (Agung Huma)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024