Kursi PDI P Solo Tinggi, Rudy Akui Tergerus Dan PSI Bertambah

 " Jadi kalau PDIP tergerus itu hal yang wajar bagi saya, " - Ketua DPC PDI P Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo

SOLO - Hasil suara sementara pemilih presiden 2024 diterima Ketua DPC PDI P Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Meskipun begitu partainya masih eksis dengan kemampuan memperoleh sementara 24-26 kursi di DPRD.

" Kita dapat 24, 25, atau 26 kursi untuk DPRD Solo dari 30 kursi sebelumnya," terang dia, Jumat (16/2/2024).

Kendati perolehan kursi menurun, ia mengatakan wajar. Hal ini setelah suara PDIP tergerus oleh oleh teman-teman PSI, Gerindra. Karena masif banget dalam hal memberikan bansosnya. 

" Jadi kalau PDIP tergerus itu hal yang wajar bagi saya, " ujarnya kepada awak media, Jumat (16/02/2024).

Ketua DPC PDI P Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (Foto : Agung Huma)

Hanya saja tidak mempengaruhi daya pilih warga untuk PDIP. Lanjutnya, teman-teman kader tidak boleh melakukan money politik. Semua jujur bagaimana mengkampanyekan dirinya sendiri " Untuk menjadi wakil rakyat, " terangnya.

Sementara itu kemungkinan bertambah dikatakan Sekretaris DPD PSI Solo, Tri Mardianto. Ia menyebut kemungkinan PSI bisa tambah 4-5 kursi. Perolehan suara itu dari semua dapil, dimana satu dapil yang berpotensi dapat dua kursi.

"Masih berproses belum selesai. Jadi 5-6 kursi di DPRD Solo, naik signifikan," jelas dia.

Baca juga : Simpatisan Calon Presiden Lain Tapi Pilih PDI P, Rudy Sebut Rumor

Tri menilai naiknya suara PSI ini tidak lepas dari Kaesang Pangarep yang menjadi Ketua Umum PSI. Termasuk dalam dukungan terhadap paslon 02 Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Tidak kalah penting itu, kerja keras teman-teman kader dan caleg yang turun ke bawah. 

"Dari situ suara caleg-caleg nya tinggi-tinggi," tandasnya.

Ketua DPD PKS Solo, Daryono mengatakan bahwa suara PKS di Solo naik. Disebutnya, pemilu 2019 meraih 10,92 persen, pada pemilu 2024 sebesar 15,7 persen. Dengan kenaikan suara ini, PKS berpotensi mendapatkan 9-10 kursi DPD Solo. " Setiap dapil memperoleh dua kursi, " terangnya.

Ada juga partai baru yang mengirimkan caleg nya ke DPRD Solo, yakni PKB. Pemilu sebelumnya tidak ada kursi di DPRD, tapi di pemilu 2024 ada satu kursi. (Agung Huma)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persis Solo Menang Dari Rans, Empat Kali Berturut-turut Berpeluang Menuju Empat Besar

PDI P Solo Cari Cawali Buka Penjaringan Untuk Umum Dan Berharap Tidak Jalan Pintas

Startegi Khusus Gibran Menarik Suara Pemilih Pilpres 2024